Profil Lulusan
Program Studi S1 manajemen

Kurikulum yang saat ini diberlakukan di Program Studi Sarjana Manajemen adalah kurikulum yang disusun berdasarkan visi, misi dan tujuan Universitas Maarif Hasyim Latif, serta merujuk pada UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Perpres No. 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. Kurikulum yang pada awalnya mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes). Acuan lainnya adalah Peraturan Menteri Ristekdikti RI No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti).

Sesuai dengan visi dan misi Program Studi Sarjana Manajemen, maka kurikulum di Program Studi Sarjana Manajemen memiliki keunggulan spesifik di bidang bisnis, khususnya perbankan, yang membedakan Program Studi Sarjana Manajemen UMAHA dehayamngan PT lain. Muatan kurikulum yang ada senantiasa dievaluasi dan dikembangkan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebutuhan pengguna lulusan, sehingga diharapkan program studi menghasilkan lulusan yang dapat bersaing dalam kehidupan yang kompetitif baik di tingkat nasional maupun internasional. Muatan dan implementasi kurikulum mencakup kedalamam materi yang diarahkan pada terbentuknya hard skills dan ketrampilan perilaku (soft skills) sesuai dengan kebutuhan penggguna lulusan.

Profil Lulusan Program Studi Manajemen

  1. Wirausaha Muda yang Mandiri
    • Deskripsi: Seorang yang inovatif, kreatif, dan mampu mewujudkan kreativitasnya agar meningkat kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.
    • Kompetensi:
      1. Mampu melakukan analisis (berpikir kritis, melakukan penelitian, dan penyelesaian masalah).
      2. Mampu mengaplikasikan fungsi-fungsi manajemen.
      3. Mampu beradaptasi.
      4. Mampu melakukan perencanaan strategis.
  2. Manajer Investasi
    • Deskripsi: Seorang yang secara profesional memiliki tugas untuk mengelola dana dari nasabah atau investor dalam berbagai instrumen investasi seperti saham, obligasi, deposito, dan produk investasi lainnya, dengan tujuan memperoleh keuntungan bagi para investor.
    • Kompetensi:
      1. Mampu mengelola aset.
      2. Mampu membuat keputusan menjual dan membeli instrumen investasi.
      3. Mampu memecahkan masalah manajerial, pengembangan solusi, dan memilih solusi terbaik.
  3. Human Resource Supervisor
    • Deskripsi: Seseorang yang merencanakan, mengarahkan, melaksanakan, dan mengoordinasi kegiatan terkait sumber daya manusia dalam suatu perusahaan atau organisasi.
    • Kompetensi:
      1. Mampu berorganisasi yang berorientasi pada strategi.
      2. Memahami psikologi manusia.
      3. Memahami teknologi HR terbaru.
      4. Memiliki kemampuan komunikasi public dan interpersonal yang baik.
  4. Digital Marketing Specialist
    • Deskripsi: Seseorang yang menjalankan kegiatan pemasaran atau promosi produk menggunakan media digital untuk menarik konsumen dengan cepat.
    • Kompetensi:
      1. Menguasai konsep teoritis bidang e-marketing.
      2. Mampu memformulasikan solusi masalah pemasaran secara digital.
      3. Mampu menerapkan konsep e-marketing.
      4. Mampu mengolah dan memvisualisasikan data.
      5. Memiliki kemampuan teknis yang baik dalam membuat konten digital.

Prosentase Keterserapan Lulusan

Anda dapat menyertakan data tentang prosentase keterserapan lulusan berdasarkan survey alumni dan data tracer study:

  • Wirausaha Muda Mandiri: 20%
  • Manajer Investasi: 25%
  • Human Resource Supervisor: 30%
  • Digital Marketing Specialist: 25%
    1.  

Sertifikat Akreditasi Program Studi Manajemen